Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Membuat dan Memanggil Fungsi Pada Bahasa Pemrograman Python.

Oke kali ini kita akan sama-sama belajar bahasa pemrograman python tentunya masih bersama pintarcoding.com tentang bagaimana cara membuat dan memanggil fungsi pada bahasa pemrograman python atau bisa disingkat bagaimana cara menggunakan fungsi pada bahasa pemrograman python. Sebelum belajar lebih dalam tentang fungsi, sebenarnya seberapa penting fungsi tersebut dalam membuat suatu aplikasi, berapa besar peran dari fungsi ini dalam suatu applikasi yang sedang kita tulis (develop).

Oke buat tambahan informasi saja tentang beberapa hal yang mungkin sudah teman-teman tahu mengenai seberapa pentingnya pembuatan fungsi dalam proses pembuatan appikasi:
  1. Fungsi dapat mengurangi penulisan perintah yang berulang.
  2. Fungsi dapat memaksimalkan reuse (penggunaan ulang) dari suatu baris perintah tertentu.
  3. Dengan adanya fungsi kita dapat membagi-bagi suatu applikasi tersebut berdasarkan prosesnya masing-masing, sehingga memudahkan kita dalam melakukan debugging atau membaca source code kita kembali.
Oke cukup dengan teorinya, yang pasti dalam mengerjakan suatu applikasi yang cukup besar dengan menggunakan bahasa pemrograman apapun, kita tidak bisa lepas dengan apa yang dinamakan fungsi, mungkin akan berbeda-beda sebutannya dalam masing-masing bahasa pemrograman tapi pada umumnya untuk bahasa pemrograman "C-like", menggunakan kata fungsi. Oke mari kita mulai dengan aturan penulisan fungsi:

def nama-fungsi(param1, param2, paramN):
    <perintah-dalam-fungsi>

Kira-kira struktur penulisan dari fungsi adalah seperti diatas yang mana nama-fungsi akan diganti dengan nama yang kita inginkan dari fungsi tersebut, sedangkan param1 sampai paramN merupakan parameter-parameter atau nilai-nilai diluar fungsi yang ingin kita masukan pada fungsi tersebut, dan perintah-dalam-fungsi merupakan baris perintah yang ingin kita jalankan, Oo.. iya teman-teman untuk bahasa pemorgraman python itu sendiri tidak menggunakan tanda pembuka dan penutup fungsi tapi menggunakan tab untuk menandakan bahwa suatu perintah berada didalam suatu fungsi tertentu sehingga struktur indentasi (tab) inilah yang akan dibaca oleh bahasa pemrograman python kira-kira sampai dimana perintah dalam suatu fungsi. Perhatikan contoh dibawah ini, misal kita akan menuliskan fungsi untuk menghitung volume dari balok, kita tahu bersama bahwa rumus untuk menghitung volume adalah:
volume = panjang * lebar * tinggi:

Mari kita menerapkannya pada fungsi yang akan melakukan perhitungan dari rumus tersebut:

# definisi fungsi 
def volume_balok(panjang, lebar, tinggi): 
    volume = panjang * lebar * tinggi 
    return volume 


#deklarasi data pada variable
panjang = 10 
lebar = 10 
tinggi = 5 

#pemanggilan fungsi
hasil = volume_balok(panjang, lebar, tinggi) 
print hasil

Perhatikan pada baris perintah definisi fungsi. Dari contoh baris program diatas dapat diketahui bahwa nama dari fungsi tersebut adalah volume_balok dengan mempunyai 3 parameter, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan pada akhir perintah yang berada dalam fungsi terdapat return hasil, perintah ini berfungsi untuk mengembalikan nilai hasil saat fungsi tersebut dipanggil, nah perhatikan isi dari volume_balok, isinya terdapat 2 baris perintah diketahui dari indentasinya (tabulasi) yang terdapat 1 tab ke dalam atau 4 spasi untuk menandakan perintah tersebut berada didalam fungsi diatasnya (volume_balok). Adapun cara memanggil fungsi tersebut dengan menuliskan nama fungsi tersebut seperti pada baris pemanggilan fungsi. Oke contoh lain dari penggunaan fungsi, misalnya kita ingin menuliskan fungsi yang akan melakukan print sebanyak 10 kali kata 'Belajar di Pintarcoding.com', dengan nama fungsi pintarcoding10:

def pintarcoding10():
    print 'Belajar di Pintarcoding.com\n' * 10

pintarcoding10()

Pada contoh diatas tidak ada return dan parameter, jadi dapat diambil kesimpulan parameter dan return yang terdapat dalam fungsi bisa ditulis bisa tidak sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana, mudahkan pembuatan fungsi ini. Jika ada pertanyaan silahkan jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan pada kami. :) Sekian dulu untuk artikel fungsi kali ini. Berikut belajar bahasa pemrograman python pada pintarcoding.com akan membahas tentang fungsi lanjutan, yang mungkin ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui tentang karakteristik dari fungsi pada bahasa pemrograman python.

Terima Kasih, Semoga bermanfaat.




1 komentar: