Rabu, 08 Januari 2014

Menulis file dengan menggunakan bahasa pemrograman C.

Oke pada artikel sebelumnya kita sudah berhasil membaca file dan menampilkan isi file tersebut ketampilan command line. Nah untuk artikel kali ini kita akan sama-sama belajar tentang bagaimana cara untuk menulis file dan menambahkan data ke dalam file.


Yuks mari sama-sama kita belajar pada source code berikut untuk menulis isi dari file dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Pertama kita buat dulu file tulis_file.c seperti pada artikel sebelumnya kemudian isikan file tersebut dengan sourcecode berikut:
#include <stdio.h>
#include <string.h>

void main() {
    FILE *fp;
    char karakter[25] = "halo pintarcoding.com!";
    int i;

    if ((fp = fopen("teks_pintarcoding2.txt", "w")) == NULL) {
        printf("teks_pintarcoding2.txt tidak bisa ditulis");
    } else {
        for(i=0; i<strlen(karakter); i++) {
            putc(karakter[i], fp);
        }
        fclose(fp);
    }
    printf("-- end of code --\n");
}
Struktur dari sourcecode diatas hampir sama dengan sourcecode yang digunakan pada artikel sebelumnya untuk membaca file, perbedaan dengan artikel sebelumnya adalah mode pada fopen, kali ini menggunakan “w” yang berarti write atau tulis, perbedaan lain terdapat pada penggunaan perintah putc, fungsi ini bertugas untuk memasukan karakter yang kita siapkan kedalam file, perhatikan baris perintah putc(karakter[i], fp); pada baris perintah tersebut terdapat 2 parameter yaitu karakter (karakter[i]) yang akan ditulis pada file dan file (fp) yang akan kita tulis.

Jika perintah tersebut kita jalankan maka pada directory dari file sourcecode bahasa pemrograman C yang kita buat akan terdapat file baru yang bernama "teks_pintarcoding2.txt" yang isinya jika dibuka dengan notepad atau program sejenis akan ada tulisan "halo pintarcoding.com!".

Sama halnya dengan penggunaan mode "append" atau penambahan pada fopen. Perhatikan sourcecode dibawah ini, jika dijalankan sourcecode tersebut akan menambahkan kalimat “halo pintarcoding.com!” ke file “teks_pintarcoding.txt” dan jika dijalankan lagi, maka akan ditambahkan lagi, dan dengan mode append ini, teks awal yang sudah terdapat didalam file tidak akan dihapus sedangkan pada mode "write" atau tulis, teks awal pada file yang sudah ada pada direktori yang ditentukan akan dihapus kemudian diganti dengan teks baru. Karena prosesnya adalah membuat file baru.
#include <stdio.h>
#include <string.h>

void main() {
    FILE *fp;
    char karakter[25] = "\nhalo pintarcoding.com!";
    int i;
    
    if ((fp = fopen("teks_pintarcoding.txt", "a")) == NULL) {
        printf("teks_pintarcoding.txt tidak bisa dibuka");
    } else {
        for(i=0; i<strlen(karakter); i++) {
            putc(karakter[i], fp);
        }
        fclose(fp);
    }
    printf("-- end of code --\n");
}
Oke gimana???... mudahkan belajar bahasa pemrograman C. Kita jumpa lagi di artikel berikutnya. :)

Terima kasih, semoga bermanfaat. :)
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar