Kamis, 02 Januari 2014

Membaca file dengan menggunakan bahasa pemrograman C.

Lama tidak mengupdate blog kami. Kali ini kita akan sama-sama belajar bahasa pemrograman C tentang bagaimana cara untuk membaca file. Membaca file pada aritkel ini dalam arti kita mempunyai sebuah file yang berisi teks kemudian dengan bahasa pemrograman C kita akan mengambil teks isi file tersebut kemudian ditampilkan pada monitor (pada terminal/command prompt). Oke let's the coding begin... :)

Pertama mari kita membuat file baru dengan nama “baca_file.c”, file ini akan berisi baris perintah bahasa pemrograman C untuk digunakan dalam membaca file. Setelah file "baca_file.c" sudah dibuat mari kita buat file yang berisi teks yang akan kita baca misal "teks_pintarcoding.txt" pada directory yang sama dengan file "baca_file.c" kemudian buka file tersebut dengan notepad atau aplikasi sejenis kemudian ketikan "Sekarang belajar bahasa pemrograman C di pintarcoding.com".

Contoh isi dari file “teks_pintarcoding.txt” seperti gambar berikut:
Berikut directory yang berisi kedua file tersebut:

Oke buka file "baca_file.c" dengan menggunakan notepad atau aplikasi sejenis. Dan ketikan program berikut:
#include <stdio.h>

void main() {
    FILE *fp;
    char karakter;
    
    if ((fp = fopen("teks_pintarcoding.txt", "r")) == NULL) {
        printf("teks_pintarcoding.txt tidak bisa dibuka");
    } else {
        while ((karakter = getc(fp)) != EOF) {
            printf("%c", karakter);
        }
        fclose(fp);
    }
    printf("\n\n");
}
Coba jalankan perintah tersebut pada command line atau terminal yang kita gunakan maka akan menghasilkan tampilan seperti berikut:
Sekarang belajar bahasa pemrograman C di pintarcoding.com
Perhatikan pada baris perintah FILE *fp, ini merupakan cara pendeklarasian tipe data seperti halnya tipe-tipe data lainnya dalam hal ini FILE merupakan tipe data dari variable fp. Tipe data sendiri sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, "Variable, TipeData dan Operator Bahasa C".

Sedangkan untuk baris perintah (fp = fopen("teks_pintarcoding.txt", "r")) digunakan untuk membuka file fopen sendiri merupakan fungsi yang akan mengembalikan data yang berupa file ke variable fp sedangkan untuk parameter dari fopen adalah fopen(“file_path”, “mode”), file_path berupa string yang berisi letak dari file yang akan dibuka, sedangkan mode disini berupa string yang berisi read/baca (“r”), write/menulis (“w”) atau append/menambahkan (“a”).

Sedangkan untuk mengambil karakter-karakter pada file tersebut menggunakan fungsi getc(fp) dengan fungsi ini karakter dari isi file akan diambil dan diprint satu per satu kemudian akan disimpan pada variable karakter dengan menggunakan perulangan while.

Nah gimana, mudahkan membaca file dengan menggunakan bahasa pemrograman C, yang jadi pertanyaan bagaimana halnya dengan menulis atau menambahkan huruf atau kata pada file???
Kita akan bahas materi tersebut pada artikel berikutnya. :)

Terima kasih, semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. gan, kalau file yang dibuka dalam bentuk gambar gisa ga?

    BalasHapus
  2. bro gmna cara nya untuk membuka coding yang suda dlm bentuk exe ya

    BalasHapus
  3. bro gmna cara nya untuk membuka coding yang suda dlm bentuk exe ya

    BalasHapus
  4. bro gmna cara nya untuk membuka coding yang suda dlm bentuk exe ya

    BalasHapus
  5. cara menampilkan data tertentu dalam suatu file(bukan data keseluruhan) bagaimana ya caranya?

    BalasHapus