Minggu, 23 Juni 2013

Cara Membuat Fungsi dan Prosedur pada Bahasa Pemrograman C

Oke. Artikel belajar bahasa pemrograman kali ini kita akan sama-sama membahas tentang apa itu fungsi dalam bahasa pemrograman C, kemudian apa bedanya fungsi dan prosedur. yuks mari kita simak bersama-sama.

Fungsi dalam bahasa pemrograman C menurut saya merupakan kumpulan perintah-perintah pemrograman yang dibungkus dalam suatu kesatuan dengan nama tertentu sehingga dapat mempersingkat penulisan sourcecode yang berulang-ulang. Bagaimana, bisa dimengerti penjelasan saya tentang fungsi???... :) Agak ribet ya???... oke mari kita lihat bersama contoh-contoh penggunaan fungsi dalam bahasa pemrograman C saja, misal kita tidak ingin melakukan perhitungan bilangan pangkat dengan menggunakan fungsi.

#include <stdio.h>

int pangkat(int a, int b) {
    int i, hasil = 1;
    for(i=0; i<b; i++) {
        hasil = hasil * a;
    }
    return hasil;
}

int main() {
    int hasil;
    hasil = pangkat(5, 3);
    printf("\nhasil bilangan pangkat = %d\n\n", hasil);
    return 0;
}
perhatikan sourcecode diatas, terdapat fungsi dengan nama "pangkat", pada fungsi tersebut terdapat parameter a dan b yang akan digunakan untuk menentukan bilangan yang akan dipangkatkan (a) dan nilai dari pangkat (b). Dan diakhir dari fungsi "pangkat" dilakukan return variable hasil yang mana variable ini merupakan hasil dari pemangkatan yang dilakukan, yang nantinya akan dikembalikan saat pemanggilan fungsi dan dapat dipakai pada tempat pemanggilan fungsi tersebut dalam hal ini fungsi pangkat dipanggil dalam fungsi main.

Bagaimana dengan prosedur, prosedur sama halnya dengan fungsi namun dalam prosedur tidak dilakukan pengembalian nilai. seperti apa contohnya, misal kita akan melakukan pemangkatan namun langsung diprint hasil dari pemangkatan tersebut. seperti sourcecode berikut.
#include <stdio.h>

void pangkat(int a, int b) {
    int i, hasil = 1;
    for(i=0; i<b; i++) {
        hasil = hasil * a;
    }
    printf("\nhasil bilangan pangkat = %d\n\n", hasil);
}

int main() {
    pangkat(5, 3);
    return 0;
}
Perhatikan tanda int pada fungsi dan void pada prosedur, yang terdapat pada "void pangkat(int a, int b)". apa maksud dari tanda ini, ya tentu masih ingat saat kita membahas tentang tipe data dan variable pada artikel sebelumnya, fungsi/prosedur pun mempunyai tipe data yang akan di kembalikan, dalam hal ini prosedur karena tidak mengembalikan apa-apa sehingga saat pendeklarasian prosedur menggunakan tipe void, sedangkan fungsi karena akan melakukan pengembalian nilai integer sehingga tipe data dari fungsi pangkat tersebut menggunakan tipe int.

bagaimana dengan parameter yang terdapat didalam kurung setelah nama fungsi, dalam hal ini "int a, int b", parameter pada pendeklarasian fungsi juga perlu ditentukan tipe data dari parameter tersebut, yang ditulis sama seperti mendeklarasikan variable yaitu tipe data ditulis di depan nama parameter.

Sekian dulu tentang fungsi, kita akan berjumpa lagi diartikel berikut.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Tutorialnya oke banget

    BalasHapus
  2. Mantap tutorialnya gan,bahasanya sederhana mudah dicerna

    BalasHapus
  3. ka bantuin dong, saya ada tugas membuat program fungsi "harus buatan sendiri". sedangkan program fungsi di internet itu sangat banyak. sekali lagi mohon bantuin ya batin fungsi baru klo bisa atau beri ide. thank

    BalasHapus
  4. makasih banyak artikelnya sangat membantu :)

    BalasHapus